728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Saturday 12 April 2014

HOMPIMPAH.TV!


Satu Obat Anti Nyamuk Sama Dengan 100 Batang Rokok!


Isi Klaim :

Satu Obat Anti Nyamuk (Bakar) Sama Dengan 100 Batang Rokok!

Asap yang dipancarkan dari satu nyamuk kumparan adalah setara dengan 100 batang rokok, sehingga merugikan kesehatan semua orang, terutama paru-paru. Karena satu kumparan nyamuk setara dengan kerusakan yang dilakukan oleh 100 batang rokok pada tubuh Anda. Tidak banyak orang tahu tentang hal itu. Peneliti telah melakukan sebuah studi terbaru di Malaysia dan negara lainnya.


Hoax atau Fakta :
Fakta.

Analisa :

Meski terdengar seperti mitos, tetapi ini adalah fakta, setiap orang harus sadar terhadap dampak dari kandungan kimia dan polusi yang disebabkan oleh Obat Nyamuk Bakar tersebut.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh 'Times of India', berbicara tentang dampak penggunaan obat nyamuk bakar pada kesehatan anak-anak dan orang dewasa di Asia Tenggara, Terutama di India. Di mana obat nyamuk bakar adalah salah satu solusi mengurangi dan menghambat nyamuk masuk ke dalam rumah.

Direktur 'Chest Research Foundation', Mr. Sandeep Salvi, saat konfrensi 'Air Pollution and Our Health' yang di selenggarakan oleh 'Centre for Science and Environment (CSE)' bersama dengan Dewan penelitian medis India dan Asosiasi Medis India, Ia berbicara tentang sebuah studi baru di Malaysia. Yang menegaskan bahwa kerusakan pada paru-paru oleh satu kumparan nyamuk setara dengan kerusakan yang dilakukan oleh 100 batang rokok.

Mr. Sandeep Salvi lebih lanjut menambahkan bahwa ketika menggunakan obat nyamuk bakar, orang-orang tidak menyadari risiko dari polusi udara di dalam ruangan (rumah misalnya). Membakar obat nyamuk di dalam ruangan adalah 'cara yang umum' untuk mengendalikan nyamuk secara efektif dan secara luas digunakan di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Namun, asap yang dipancarkan oleh obat nyamuk bakar dapat mengandung polutan yang berdampak pada kesehatan secara serius.

Penelitian yang menguji asap (obat nyamuk) ini telah menemukan sejumlah besar senyawa organik yang mudah menguap di dalamnya, termasuk 'Karsinogen' (salah satu bahan kimia penyebab kanker). Membakar satu kumparan obat nyamuk sama jumlahnya dengan yang dikeluarkan partikel dari 75 sampai 137 asap rokok. Jumlah Formaldehida (iritasi yang menciptakan efek buruk di dalam tubuh) emisi dari satu obat nyamuk yang dikeluarkan setinggi dengan 51 rokok yang dibakar.

Anda dapat menemukan rincian lengkap Penelitian Malaysia pada kumparan obat nyamuk disini :

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1241646/

Artikel media Online :

http://www.siasat.com/english/news/one-mosquito-coil-equals-100-cigarettes-says-expert

http://www.nation.lk/edition/fine/item/24311-smoke-from-one-mosquito-coil-equals-100-cigarettes—study.html

http://medicmagic.net/1-mosquito-coil-equals-100-cigarettes.html

http://www.ndtv.com/article/india/one-mosquito-coil-equals-100-cigarettes-says-expert-130632

http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health/One-mosquito-coil-equals-100-cigarettes/articleshow/982081%20%200.cms

Kesimpulan :

Membakar obat nyamuk merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk di ruangan anda. Penggunaan obat nyamuk di negara Indonesia sering digunakaan oleh masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah karena harganya yang terjangkau. Meskipun tidak menutup kemungkinan di beberapa negara Asia, Afrika dan Amerika Serikat yang menjadikan kebiasaan penggunan obat nyamuk bakar dalam sebuah keluarga. Bagi anda yang sering menggunakan obat nyamuk bakar, sudahkah aman dalam penggunaannya? Karena asap yang dihasilkan dari obat nyamuk berisikan polutan yang dapat menjadi masalah kesehatan yang serius.

Anda harus mengetahui beberapa zat yang aktif dari obat nyamuk yang salah satunya adalah 'DDVP' (dichlorovynil dimetyl phosfat), termasuk racun yang berada di kelas satu dan penggunaannya sudah dilarang di dunia. Selain itu, 'Propoxur' merupakan jenis racun kedua yang terdapat di dalam obat nyamuk dalam penggunaan (jangka panjang) akan menggannggu sistem reproduksi. Selain itu ada beberapa zat yang lain seperti transflutrin, bioallethrin, d-allethrin, cyphenothrin dan praletrhin.

Asap obat nyamuk membahayakan kesehatan anda, apalagi jika ruangan sudah dipenuhi dengan asap. Penelitian menemukan kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk sama dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok. Adanya kandungan DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat), zat yang berbahaya, jika terus-terusan terpapar dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan dampak yang serius, diantaranya adalah kerusakan syaraf, pernapasan anda terganggu dan memicu kanker. Selain itu kandungan zat kimia yang terdapat di dalam obat nyamuk mampu membuat aktivitas enzim turun sehingga adanya pengaruh yang buruk terhadap hati dan reproduksi anda. Ketika penggunaan obat nyamuk sudah menjadi kebutuhan anda dan keluarga.

"Masyarakat menengah ke bawah paling banyak pakai anti nyamuk bakar karena harganya terjangkau. Tapi harus juga diperhatikan cara menggunakannya, jangan sampai malah mengganggu pernapasan," jelas Dr Rita Kusriastuti, MSc, Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Dit P2B2), Ditjen PP dan PL Kemenkes.

Lalu Bagaimana menangani Nyamuk dengan baik dan benar?

Berikut adalah cara yang tepat untuk menghindari anda dan keluarga dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk :

1. Ruangan harus ada ventilasi sehingga sirkulasi udara cukup

Anda sering terbatuk-batuk karena penggunaan obat nyamuk, mungkin karena diantaranya anda menggunakan obat nyamuk pada ruangan yang sedikit ventilasi. Segera ubah kebiasaan anda untuk menggunakan obat nyamuk di ruangan tertutup apalagi di dalam ruangan tersebut terdapat anda dan keluarga. Dampak buruk yang akan terjadi adalah gangguan pernapasan seperti sesak napas. Letakan obat nyamuk dearah dengan aliran udara sehingga asapnya tidak mengganggu anda.

2. Jarak tidak terlalu dekat

Penggunaan obat nyamuk memang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk akan tetapi jika justru membahayakan kesehatan anda, itu tidak tepat. Letakan dengan jarak obat nyamuk dengan aktivitas anda 1,5 meter. Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk pada sore hari sebelum aktivitas anda di malam hari dilakukan, sehingga bisa dikeluarkan dari ruangan anda.

3. Letakan pada tempat yang tepat

Anda dapat meletakan obat nyamuk di bawah tempat tidur sehingga anda tidak terkena langsung dengan asap yang dihasilkan dari obat nyamuk, selain itu jangan meletakan obat nyamuk disamping badan anda, anda bisa meletakan di dekat telapak kaki sehingga mengurangi kemungkinan asap terhirup oleh anda. Simpan di tempat yang lebih rendah dari aktivitas anda (lantai) atau diletakkan searah dengan aliran udara sehingga tidak mengganggu pernapasan.

4. Hindari dari anak-anak dan Ibu Hamil

Anda dapat membuat jadwal yang tepat untuk membakar obat nyamuk ketika anak anda tidak berada di ruangan tersebut. Bagaimanapun anak-anak sangat rentan apalagi dengan asap dari obat nyamuk, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan pernapasannya. Begitu juga dengan penggunaan di dekat ibu hamil, bahayanya sama dengan mendekati diri anda pada mereka yang sedang merokok.

5. Bila memiliki gangguan asma, maka sebaiknya gunakan obat anti nyamuk oles saja.

6. Ini yang paling penting, jauhkan dari benda yang mudah terbakar dan jangkauan anak-anak Anda.

Oleh karena itu, sangat jelas bahwa asap obat nyamuk menimbulkan risiko kesehatan baik yang akut dan kronis , dalam penggunaan jangka pendek dan panjang. Jadi, Anda harus menghindari penggunaan ini. Sebaliknya, untuk menghindari dan membunuh nyamuk di dalam ruangan, kita harus menjaga suasana higienis di dalam dan di sekitar rumah. Tutup lubang-lubang yang biasa dihinggapi nyamuk (berunsur air atau lembab).


Referensi :

CMIIW and Typo.
Sikapi dengan bijak. Semoga bermanfaat, terimakasih.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Satu Obat Anti Nyamuk Sama Dengan 100 Batang Rokok! Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/