728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Wednesday 17 December 2014

HOMPIMPAH.TV!


Kop Surat Pernyataan DPP Partai Keadilan Sejahtera Untuk Memberantas NU


Isi Klaim :

Kepada Seluruh anggota PKS agar tetap teguh dan bersatu memberantas kekafiran yang berbaur siri, bidah yang ada di kalangan NU yang sudah melakukan ritual dengan mengatasnamakan Islam antara lain :
1. menyelenggarakan maulid nabi saw
2. Membaca tawasul dan tahlil kepada orang yang sudah meninggal
3. Mengamalkan wirid dan yasin fadhilah
4. Membaca asmallah di awal surat dalam shalat
5. Melakukan jiarah kemakan para wali
6. Kita wajib memerangi sampai titik darah terakhir dengan jalan apapun terutama lewat partai dan pemerintah seperti keberhasilan di arab saudi
dll..



Hoax atau Fakta :
HOAX.

Analisis :

Awal bulan Juli hingga Oktober 2014, beredar gambar yang menunjukkan Kop Surat dari PKS yang berisi hal mengenai 'pemberantasan' NU. Perihal Kop Surat yang mirip dengan Kop Surat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seperti dalam klaim diatas adalah Hoax (Kop Surat Palsu).

Divisi Humas Indonesian Hoaxes (selanjutnya kami sebut Humas IH) telah melakukan konfirmasi langsung kepada Humas Partai Keadilan Sejahtera (selanjutnya kami sebut Humas PKS), pada 26 November 2014 Pukul 0:07 WIB dan pada 8 Desember 2014 Pukul 16:53 WIB melalui Facebook Resmi Humas PKS. Berikut transkrip percakapan melalui chat :



Humas IH : 
Apakah benar kopsurat ini dari PKS? Mohon dijawab ya pak.


Humas PKS : 

Maaf baru merespon,

Saudara terima kasih atas perhatian dan pernyataan yang telah diberikan. Jawabannya TIDAK BENAR! Kami ingatkan untuk BERHATI-HATI karena siapapun dapat membuat dan menyebarluaskan surat seperti itu. Kami sangat senang apabila Saudara mau mengabarkan kepada saudara-saudara kita yang lain.

Semoga kita terus diberikan kekuatan dan petunjuk Allah SWT untuk tetap memegang kebenaran, berperilaku santun, dan menebar kebermanfaatan bagi sesama dan Bangsa Indonesia.

Jazakumullah Khairan Katsiran


Humas IH : 

Terimakasih.



Berikut screenshot hasil percakapan tersebut :


Saat gambar ini beredar, kami menelusuri jejak penyebar Hoax (siapa yang mulai mengunggahnya di Internet). Kami mendapatkan 2 Akun Google+, bernama Atta Sidharta dan Rudy Suswanto.

Berikut screenshot kedua akun tersebut :



Dari postingan yang dirilis kedua akun ini, link URL mengarah pada satu artikel di blog Politik Anal dan What A News, dengan judul artikel "Operasi Penghancuran Gerindra oleh PKS,"

Namun nampaknya gambar Kop Surat PKS palsu sudah dihapus di kedua blog tersebut. Tetapi, kami mendapatkan 1 blog lagi yang melakukan copy-paste (jiplak) isi dari kedua blog itu, yaitu Molokek (isi artikel masih lengkap dengan gambar). Dan gambar tersebut ternyata masih tersimpan di hosting What A News (http://whatanews.net/wp-content/uploads/2014/07/BtiIClBCMAAA9kb.jpg-large.jpeg), juga di facebook What A News (https://www.facebook.com/whatanews/posts/292948707569907)

Jika Anda bertanya, apakah akun media sosial dan blog-blog tersebut yang menyebarkan Hoax ini? Kami tidak bisa menyimpulkan siapa pelakunya. Sikapi saja dengan bijak, karena kami tidak akan pernah menghakimi tanpa bukti.

Entah apa tujuan dari pencipta Hoax ini, yang jelas kami nggan menelusurinya sampai ke-arah sana, karena politik bukan wilayah Indonesian Hoaxes. Kami hanya berusaha membuka tabir kebohongan yang ada di Dunia Maya tanpa memihak, benar katakan benar, salah katakan salah.

Kesimpulan :

Jadi, sesuai klarifikasi dari Humas PKS, gambar tersebut memang dipalsukan.

Sikapi dengan bijak, Semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Kop Surat Pernyataan DPP Partai Keadilan Sejahtera Untuk Memberantas NU Description: Kop Surat Pernyataan DPP Partai Keadilan Sejahtera Untuk Memberantas NU, Operasi Penghancuran Gerindra oleh PKS Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/