728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Wednesday 17 December 2014

HOMPIMPAH.TV!


Ahok akan Cetak Kaos "Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi"



Isi Klaim :


"Ahok akan Cetak Kaos : Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi

Cie... ujung-ujungnya jualan juga

(Saya lagi nyoba meniru para haters yang mencela dengan kalimat serupa ketika saya jualan, hehehe...)"


Hoax atau Fakta :
Mix antara Hoax dan Fakta.

Analisis :

Isi klaim diatas benar dan memang fakta, Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok, selaku Gubernur DKI Jakarta memang pernah berkata demikian. Hal tersebut juga dapat dilihat pada artikel atau berita di situs web CNN Indonesia berjudul "Ahok: Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi". Berikut kami kutip sebagian isi dari berita tersebut :

Mengenai isu rasisme yang ditujukan padanya, ia pun bersenda gurau akan membuat sebuah kaos yang melambangkan dirinya. "Saya pikir saya musti cetak kaos juga, tulisannya, saya bangga jadi kafir yang penting tidak korupsi," ucap Ahok dan disambut dengan gelak tawa dari hadirin.

Berikut screenshotnya :

 


Menurut kami, meskipun ini adalah fakta, namun pernyataan itu hanyalah sebuah lelucon belaka, bukan sebuah rencana yang benar-benar akan dilakukan oleh Ahok, hal ini biasa disebut dengan Satir atau bahasa sindiran.

Divisi Humas dan Investigasi Indonesian Hoaxes melakukan klarifikasi lanjutan kepada Pemprov DKI Jakarta, dan memang perkataan tersebut hanya sebuah lelucon, bukan rencana Ahok yang sebenarnya.

Namun nampaknya perkataan tersebut dipelintir oleh oknum yang jahil. Pada tanggal 16 Desember 2014 Pukul 17.43 WIB Fanpage Jonru membuat sebuah status dengan membagikan ulang (share) berita atau artikel dari situs web Setia News berjudul "Ahok akan Cetak Kaos Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi".

Berikut screenshotnya :

setianews.com

Fanpage Jonru

Kesimpulan :

Dalam dunia jurnalistik dan pemberitaan melalui internet, tidak ada larangan khusus untuk melakukan tekhnik Copas (Copy-paste) konten. Namun jika seluruh atau pun sebagian konten tersebut dirubah dengan tujuan menggiring opini publik, fitnah, hoax dan tidak sesuai dengan konten sumber aslinya, itu akan berdampak fatal.

Ini adalah sebuah pelajaran berharga bagi pengguna internet di Indonesia, hindari hal-hal yang menyinggung orang lain. Usahakan untuk Tabayyun (kroscek) kebenaran dari informasi yang Anda dapat sebelum Anda bagikan ke orang lain.

Propaganda, Hoax, dan menggiring opini publik tidak akan pernah sirna dari dunia maya, tetapi kami, berusaha untuk mencegahnya.

Sehubungan dengan Klaim diatas, sesuai dengan klarifikasi dari Pemprov DKI Jakarta, klaim Ahok akan Cetak Kaos : "Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi" tidaklah benar. Itu hanya pernyataan lelucon, jadi tidak perlu ditanggapi secara serius. Tetapi menurut kami (Indonesian Hoaxes), walaupun itu serius terealisasi, tidak ada yang salah, semua orang berhak mencetak kaos apapun jika tidak menyinggung orang lain.

Apakah Anda Non-Kafir yang Korupsi sehingga Anda tersinggung?
Jadi, silahkan Anda sebagai pembaca yang menilainya sendiri.
Sikapi dengan bijak adalah jalan yang paling baik.

Semoga bermanfaat, Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • http://www.cnnindonesia.com/nasional/20141214203321-20-18046/ahok-saya-bangga-jadi-kafir-yang-penting-tidak-korupsi/
  • http://web.archive.org/web/20141217130910/http://www.setianews.com/2014/12/ahok-akan-cetak-kaos-saya-bangga-jadi.html
  • https://www.facebook.com/jonru.page
  • https://www.facebook.com/jonru.page/photos/a.143624529728.103413.68286339728/10152950945099729/
  • Dari berbagai sumber



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Ahok akan Cetak Kaos "Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi" Description: Ahok akan Cetak Kaos Saya Bangga Jadi Kafir Yang Penting Tidak Korupsi, Fanpage Jonru Propaganda, Fitnah Jonru Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/