728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Thursday 18 December 2014

HOMPIMPAH.TV!


Penjelasan Mengenai Foto Seorang Anak Kecil Telanjang Di Tangga Pusat Keramaian



Isi Klaim :

Seorang bocah nampak telanjang tergeletak di anak tangga di sebuah pusat keramaian. Ini di Indonesia.


Hoax atau Fakta :
Fakta, namun foto tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Analisis :

To the point..

Gambar atau foto ini mulai terkenal di media sosial dan menjadi buah-bibir para pengguna internet sejak bulan Mei 2014. Lalu pada November hingga Desember 2014, muncul klaim baru bahwa foto tersebut terjadi di Indonesia. Memang benar adanya bahwa foto tersebut adalah asli (bukan hasil olah digital), tetapi ini tidak terjadi di Indonesia, melainkan Filipina. Berikut kami buktikan fakta-faktanya melalui penelusuran kami :

Pada tanggal 15 Mei 2014 Pukul 13.53, seorang pengguna Facebook dengan akun AJ Laberinto membuat status sekaligus mengunggah foto-foto tersebut. Berikut bukti screenshotnya :

Status Facebook Aj Laberinto

Berikut Foto-foto yang diunggah Aj Laberinto :







Lalu pada 18 Mei 2014, sebuah situs blog merilis sebuah artikel berjudul "My Heart Is In Tears by Looking at This, but these pictures shows that No One Seems to Care!" yang mengutip foto dari Aj Laberinto.


Tidak diduga, pengguna internet banyak yang 'peduli' terhadap kenyataan dari foto tersebut dan mempertanyakan nasib si bocah di dalam foto. Lalu akhirnya pada 21 Juni 2014 Pukul 02.09 AJ Laberinto membuat status baru sebagai berikut :

Wakas na Wakas

Remember the baby in an underpass everyone was in an uproar about -- the one that signaled, in an all-too-poignant way, the scale of human indifference to innocent suffering? Well, I wrote DSWD and asked them to look into the matter.

I'm happy to say the baby Dagul wasn't dead after all and was eventually brought back to his mother Rose. He had been under the care of her mother-in-law Edith when he disappeared and was temporarily sheltered by someone else. Rose and Edith have since gotten Dagul back, and are being monitored so that his safety is not jeopardized again.

Just an update from DSWD.

Thank you to members of the general public who brought this issue to my attention.

Lila Shahani

Tidak hanya itu, AJ Laberinto juga mengunggah sebuah gambar yang tampaknya hasil screenshot dari percakapan email :

Gambar 1A
Gambar 1B

Kesimpulan :

Foto tersebut memang fakta, namun klaim bahwa hal ini terjadi di Indonesia adalah bohong. Foto tersebut adalah hasil dokumentasi pribadi dari Aj Laberinto saat ia berada di underpass Lagusnilad (Manila Cityhall), Filipina.

Dari fakta yang kami temukan, lokasi dokumentasi ini memang sering ditemukan kejadian 'aneh' misalnya disini. Tetapi kami tidak ingin menelusurinya sampai sana, karena yang kami analisa sesuai konteks yang ada, yaitu foto bocah telanjang yang ada di anak tangga pusat keramaian.

Dengan hasil analisis kami, semoga pertanyaan Anda mengenai kebenaran dan keaslian dari foto tersebut sudah terjawab. Oh ya, jika Anda masih bertanya kondisi anak itu, silahkan lihat dan baca pada screenshot gambar surat 1B.

NB : Semua foto adalah milik Aj Laberinto dan  Indonesian Hoaxes sudah diizinkan untuk mempublikasikannya melalui Artikel ini.

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • https://www.facebook.com/aj.laberinto
  • http://wereblog.com/my-heart-is-in-tears-by-looking-at-this-but-these-pictures-shows-that-no-one-seems-to-care
  • Dari berbagai sumber



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Penjelasan Mengenai Foto Seorang Anak Kecil Telanjang Di Tangga Pusat Keramaian Description: Penjelasan Mengenai Foto Seorang Anak Kecil Telanjang Di Tangga Pusat Keramaian Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/