728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Thursday 1 May 2014

HOMPIMPAH.TV!


Mobil ESEMKA buatan negara Tiongkok



Isi Klaim :

Kedustaan Akhirnya Terungkap, Ternyata Mobil ESEMKA itu Buatan China

Islamedia.co - Masyarakat Indonesia patut kecewa dan kaget dengan beberapa fakta yang terungkap bahwa ternyata Mobil ESEMKA yang dikenal sebagai mobil karya anak bangsa ternyata hasil buatan perusahaan China yang bernama Foday, berikut pemaparan lengkapnya:

Anda masih ingat dengan mobil ESEMKA? Mobil yang telah melejitkan nama Jokowi sampai setinggi langit. Mobil yang diakui mobil nasional murni buatan anak negeri, buatan anak-anak SMK yang dirakit di bengkel bapak Sukiyat Solo.

Kami yakin Anda dan mayoritas penduduk republik ini masih ingat betul. Maklum saja, Media massa kala itu memberitakan dengan gegap gempita luar biasa. Hampir setiap hari mobil Esemka dan Jokowi muncul di layar berita.

Publikpun dibuat terpesona, Seolah terharu dan sulit dipercaya, Ternyata ada putra bangsa yang punya prestasi luar biasa. Sesuatu yang tidak pernah terpikir sebelumnya, yaitu membuat mobil sendiri. Luar biasa.

Jokowi sebagai walikota Solo yang memperkenalkan dan mendukung kelahiran mobil itu, Namanya dipuja-puja bak seorang dewa. Namanya menjadi buah bibir dimana-mana. Terkenal luar biasa.

Tapi yakinkah Anda bahwa mobil itu benar-benar dirancang, dirakit dan diproduksi murni oleh anak-anak SMK? sebagaimana yang diberitakan media.

Tahukah Anda bahwa semua itu adalah PENIPUAN BESAR-BESARAN? Kami akan membuktikan kepada Anda bahwa informasi yang kita terima selama ini adalah BOHONG BESAR.

Ternyata body dan spare part mobil Esemka diambil dari Cina. Desain rancangannya pun dari Cina, tepatnya dari perusahaan mobil Foday. Berikut nama lengkap dan alamat perusahaannya di Cina: Guangdong Foday Automobile Co.,Ltd. Alamat: BOAI ROAD EAST,SHISHAN TECHNOLOGICAL & INDUSTRIAL PARK B, NANHAI DISTRICT, FOSHAN CITY, GUANGDONG

Anda bisa melihat dalam foto-foto berikut ini desain mobil Esemka dengan mobil Foday Produksi Cina. 99 persen mirip, hanya logo mereknya saja yang berbeda.

Perakitnya, bapak Sukiyat juga sudah mengakui bahwa itu bukan murni buatan anak negeri, melainkan dari negara luar. Namun rupanya ia mendapat tekanan dan ancaman untuk tutup mulut, tidak membuka yang sebenarnya kepada masyarakat.

Berikut pengakuan bapak Sukiyat kepada Solopos: “Saya kan membeberkan masalah teknis apa adanya, seperti yang saya ketahui, tetapi rupanya ada sejumlah pihak yang tidak senang dengan apa yang saya beberkan,”

Sukiyat mengaku dirinya pasrah saja, tapi dirinya merasa lega telah membeberkan masalah mobil ESEMKA sesuai apa adanya. “Prinsipnya, saya bukan orang politik, saya orang teknik. Jadi yang saya ungkapkan masalah teknis sesuai dengan pengetahuan saya,” ujar Sukiyat.

Dia enggan membeberkan siapa yang mengancam dirinya, tapi bila nanti terjadi sesuatu terhadap dirinya, masyarakat tahu bahwa memang ada sejumlah pihak yang ingin menyingkirkannya.

Perlu Anda ketaahui bahwa beberapa bulan setelah pengakuannya di media, bengkel miliknya mengalami kebakaran. Entah murni kebakaran atau memang sengaja dibakar.

----
Tambahan bukti link :

INI MOBIL FODAY BUATAN CINA YANG DIAKU SBG MOBIL ESEMKA
1. http://fodayauto.gmc.globalmarket.com/products/details/explorer-vi-suv-6492f9y-632406.html
2. http://fodayauto.gmc.globalmarket.com/
3. http://product.auto.163.com/series/16115.html

LIHAT VIDEONYA DI YOUTUBE:
http://www.youtube.com/watch?v=a4f50gMOHhc

PENGAKUAN BPK. SUKIYAT KEPADA MEDIA:
http://www.solopos.com/2012/03/04/beberkan-esemka-sukiyat-mengaku-diancam-167601

BENGKEL BPK. SUKIYAT KEBAKARAN:
http://www.merdeka.com/peristiwa/bengkel-milik-penggagas-mobil-esemka-terbakar.html

Mobil ESEMKA

Mobil Foday Buatan Tiongkok


Hoax atau Fakta :
Mix antara Fakta dan Hoax, sedang dalam penyelidikan Tim Indonesian Hoaxes.

Analisa :

Mobil Kiat Esemka yang kini menjadi perbincangan banyak orang karena akan diproduksi secara massal dan banyak dipesan oleh kalangan pejabat. Sejatinya, mobil ini dibuat untuk belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), bukan dibuat untuk diproduksi secara massal.

Ide yang muncul saat itu, hanya untuk belajar siswa agar terampil dilapangan dan tak hanya menguasai ilmu teori. Kini, Kiat Esemka menjadi perhatian banyak publik dan diharapkan menjadi mobil nasional karya anak bangsa, terutama setelah dijadikan sebagai mobil dinasnya Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, Jokowi dan Rudi.

Sukiat yang merupakan penggagas mobil Kiat Esemka ini mengatakan, jika ide membuat mobil Esemka ini pada dasarnya dibuat untuk belajar siswa SMK dan bukan diproduksi untuk masal. Sehingga ide tersebut, sempat mendapatkan dukungan dari direktur SMK agar siswa SMK dapat belajar membuat mobil dengan model yang berbeda dengan yang sudah ada.

Inilah bukti, kenapa ESEMKA Mirip mobil buatan Tiongkok :

Lebih lanjut, mengenai desain mobilnya, awalnya Sukiat sempat melakukan studi banding di China mengenai dunia industri mobil. Setelah pulang dari China, akhirnya Sukiyat memilik model Sport Utility Vehicle (SUV) yang dibuat secara home industri di Guangdong, China, untuk menjadikan model mobil yang akan dibuatnya bersama anak SMK.

Namun, meski modelnya mirip dengan mobil buatan China, menurut Sukiat, mobil Kiat Esemka ini murni 80 persen dari rakitan lokal anak SMK yang dikerjakan secara manual selama 2,5 bulan.

Dalam pengerjaannya, siswa SMK dibantu oleh beberapa karyawan dalam pembuatan chasis dan karoseri bodi. Sedangkan untuk komponen lain diakui masih mengadopsi dari beberapa kendaraan lain, seperti lampu depan mengamil dari Honda CR-V, lampu belakang dari Isuzu Panther.

Tanggapan Jokowi dan Direktur SMK terhadap Rumor ESEMKA plagiat mobil Tiongkok :

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) menandaskan comot-mencomot onderdil di dunia industri otomotif dalam rangka riset sebenarnya merupakan hal yang lumrah.

Pernyataan Jokowi itu sebagai tanggapan atas pernyataan pemilik Kiat Motor Klaten, Sukiyat, yang menyatakan mobil Esemka mengambil onderdil dari merek lain. ”Esemka ini bukan sekadar masalah bikin mobil. Tapi lebih dari itu ada hal yang lebih penting yakni membangkitkan kebanggaan terhadap produk nasional yang juga bagian dari pembangunan karakter bangsa. Ini adalah titik tolak kebangkitan brand Indonesia. Jadi sangat disayangkan kalau ada pihak-pihak yang bersikap negatif dan bertujuan memecah-belah usaha yang sudah terbangun ini,” jelas Jokowi kepada wartawan dalam jumpa pers di Loji Gandrung, Minggu 4 Maret 2012.

Sementara, Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Sulistyo Rabono, membantah bahwa komponen mobil Esemka asal mencomot dari onderdil mobil merek lain. ”Kalau ada yang mengatakan sebagian besar onderdil Esemka mencomot onderdil mobil lain kami bisa pastikan itu tidak benar. Kami membuat sendiri gambar desainnya dibantu oleh mahasiswa dari Akademi Teknik Warga. Mesin, gear box, sasis kami buat sendiri dari bahan-bahan lokal. Kalau ada yang meragukan silakan datang dan lihat sendiri di STP,” jelas Sulistyo dalam konferensi pers yang digelar seusai rapat dengan Walikota Solo, Joko Widodo; Wakil Walikota, FX Hadi Rudyatmo; dan Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, di Loji Gandrung.

Sulistyo mengatakan komponen-komponen mobil Esemka sebagian besar didesain sendiri oleh PT SMK. Diakui dia, memang ada onderdil tertentu yang terpaksa memakai buatan produsen lain, yakni komponen elektronik atau electronic control unit (ECU). Komponen ini jika harus riset dan produksi sendiri biayanya sangat mahal sehingga PT SMK memakai produk dari perusahaan yang memang expert di bidangnya. Demikian pula dengan tangki bahan bakar yang terpaksa pakai produk yang dijual bebas di pasaran karena untuk saat ini PT SMK belum bisa memproduksi sendiri. Namun hal itu menurut aturan juga tidak salah.

Diproduksi Sendiri

Selain komponen tersebut, Sulistyo memastikan komponen-komponen lainnya didesain dan diproduksi sendiri dengan bahan-bahan dari kalangan usaha kecil dan menengah. Tak hanya itu, untuk semua komponen yang terbuat dari bahan dasar baja, pihaknya juga akan bertemu dengan produsen baja nasional Krakatau Steel untuk membahas penyediaan baja untuk Esemka.

Sulistyo juga membantah mobil Esemka sudah didesain sejak 2002 sebagaimana dikatakan Sukiyat sehari sebelumnya. Menurutnya, Esemka digagas setelah deklarasi Solo Kota Vokasi pada 2007 lalu. Pada 2008 dirancang sampai 2009, lalu pada 2010 didaftarkan untuk mendapatkan izin atas nama Esemka. Jika ada yang mengatakan mobil itu merupakan dinamisasi mobil buatan China, hal itu bisa dipahami karena pada awal perancangannya, pihaknya dibantu oleh orang-orang ahli yang bekerja di China, Taiwan dan sekitarnya.

Kotak Sabun

”Proses ini tidak tiba-tiba tapi sangat lama. Riset sasis tidak hanya di Solo tapi juga beberapa daerah lain. Kalau ada pihak yang mengaku sebagai perencana mestinya punya gambarnya,” tandasnya.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan STP, Gampang Sarwono, menegaskan mobil Esemka bukanlah kotak sabun. Desain dan sistem kerja mobil karya siswa SMK di Solo itu sudah dirancang sebaik mungkin. Disinggung mobil Esemka mirip dengan Guangdong Foday produksi China, menurutnya, hal itu bisa diubah bila sudah memasuki tahap produksi massal nanti.

”Ya kalau sudah masuk tahap produksi massal pasti ada yang berubah, pasti beda dengan produk yang sudah ada,” tandasnya.

Begitu juga Koordinator Tim Teaching Factory STP, Sarmanto, mengungkapkan 70 persen bagian mesin mobil Esemka dibuat sendiri. Sebelumnya, sejumlah kalangan mengkritik kemiripan Esemka dengan mobil Guangdong Foday yang sudah lebih dulu keluar. Kemiripan Esemka dengan Foday HANYA terletak pada bagian bemper, lampu dan sirip depan.

Tambahan dari Liputan 6 :

Esemka Diduga Produk Buatan Cina

Kehadiran mobila rakitan anak bangsa, Kiat Esemka cukup diterima sejumlah kalangan termasuk anggota DPR. Tapi ada pula pihak yang mempertanyakan keberadaan mobil rakitan siswa SMK Negeri 2 Solo, SMK Negeri 5 Solo dan SMK Warga Solo bekerja sama dengan Kiat Motor ini. Muncul dugaan mobil Kiat Esemka hanyalah rakitan dari produk Cina.

Tapi pengajar SMK Negeri 2 Solo menegaskan 80 persen mobil Esemka menggunakan produk dalam negeri. Sedangkan 20 persen komponen kendaraan seharga Rp 95 juta itu didatangkan dari Jepang dan Cina. "Saat ini kita beli antara lain dashboard, komponen engine, ada cincin torak, katup dan sistem injeksi kita beli. Kemudian beberapa komponen transisi dan garden," jelas guru Otomotif SMK 2 Solo Budi Martono, Kamis (5/1).

Para siswa berharap pemerintah segera mengeluarkan izin agar mobil Esemka rakitannya bisa diproduksi secara massal. "Kita menunggu perizinan saja," tutur pemilik Kiat Motor Sukiyat.

Terlepas pro kontra mobil Esemka tengah menjadi bintang. Setelah Solo, sejumlah pejabat baik pusat maupun daerah tertarik menjadikan Esemka menjadi mobil dinas. Pemerintah Kabupaten Karanganyar misalnya telah memesan sepuluh unit mobil Esemka untuk mobil dinas pejabatnya.

Sejak menggebrak industri otomotif Tanah Air, kesibukan siswa SMK 2 Solo bertambah. Para siswa sedang merampungkan perakitan dua mobil pick up yang telah dirakit.

Kesimpulan :

Segala hal harus dilihat dari sisi Positif dan Negatif (apapun standarnya). Jika Anda merasa keberatan dengan Kehadiran ESEMKA, maka langsung konfirmasikan kepada pihak terkait ESEMKA. Dan jika Anda merasa mampu menandingi ESEMKA, atau mempunyai Keahlian membuat Mobil Skala Nasional dengan kualitas baik, Anda tunjukkan kepada SMK dan pihak terkait ESEMKA, bila perlu hubungi Presiden RI untuk meminta dukungan beliau.

Jika Anda cuma bisa mencibir dan menilai dengan negatif, itu namanya menggiring opini publik.
Blackcampaign dan Hoax bukan jalan terbaik untuk mengapresiasikan Opini Anda.

Lagi pula, apa urusan Jokowi dengan ESEMKA???

Bangsa Indonesia penuh dengan SDM yang bagus dan baik, mari dukung SDM tersebut untuk mengapresiasikan keahliannya masing-masing.

Jangan cuma jadi penghasut.
Ayo, tunjukkan jika Anda bisa!


Diperbaharui :
01 Mei 2014, 12:20 WIB.

Link penyebar Hoax :
  • http://www.islamedia.co/2014/04/kedustaan-akhirnya-terungkap-ternyata.html
  • http://bit.ly/1mT66x3
  • http://web.archive.org/web/20140430174018/http://www.islamedia.co/2014/04/kedustaan-akhirnya-terungkap-ternyata.html
  • https://bitly.com/1n4z4MZ+
  • http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2014/04/30/30113/kedustaan-jokowi-terungkap-ternyata-mobil-esemka-itu-buatan-china/
  • http://web.archive.org/web/20140502084336/http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2014/04/30/30113/kedustaan-jokowi-terungkap-ternyata-mobil-esemka-itu-buatan-china/

Referensi :
  • Dari berbagai sumber.
  • -

Artikel ini belum layak dibagikan. Akan segera kami perbaharui dalam 2 - 3 hari ke depan.
Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat, terimakasih.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 comments:

Unknown said... Thursday 1 May 2014 at 12:57:00 GMT+7

web satu itu memang sering mecibir semua hal jadi gak kaget malunya lagi makek nama islam

Unknown said... Friday 2 May 2014 at 13:09:00 GMT+7

butthurt in 3... 2... 1...

KyRa said... Friday 2 May 2014 at 18:15:00 GMT+7

buahahahhahahahahahahaa. jgn pilih jokowi, ntah apa hubungannya wokwkowkokowkowokwkowkowokw

Unknown said... Tuesday 20 May 2014 at 21:48:00 GMT+7

min, ini kelanjutannya gimana ? masih mix ?

kamal said... Saturday 7 June 2014 at 02:22:00 GMT+7

menurut saya sih pak Jokowi hanya berperan utk memotivasi putra daerah saja.Semacam rangsangan utk memajukan anak bangsa.Kalo soal teknis kan dari awal pak jokowi bilang tdk tahu,dan bukan kapasitasnya .Dalam perjalannya ESEMKA ternyata di persulit mau dibilang apa?Buktinya mobil TUXUCI aja dipersulit.Saya sadar bgt Pak jokowi manusia biasa pasti ada kekurangannya tapi sampai saat ini baru Pak jokowi yg memberikan harapan Indonesia bisa maju.Terserah pilihan masing2 yg pasti saya pilih Jokowi For presiden.

Rafel Siregar said... Friday 4 July 2014 at 19:55:00 GMT+7

Masa sih mobil esemka buatan tiongkok? kan mungkin aja bentuknya sama, cthnya kayak toyota avanza mirip daihatsu xenia, suzuki apv mirip mitsubishi maven, toyota rush mirip daihatsu terios, toyota dyna mirip hino dutro. Jadi tolong dikaji ulang saja...walaupun saya tetap dukung Prabowo

Item Reviewed: Mobil ESEMKA buatan negara Tiongkok Description: Mobil ESEMKA buatan negara Tiongkok, JOKOWI Bantah ESEMKA buatan china, jokowi bantah ESEMKA buatan tiongkok, mobil ESEMKA fonday, mobil ESEMKA buatan cina, buatan fonday, foday ESEMKA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/