728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Friday 11 April 2014

HOMPIMPAH.TV!


Mumi Gadis Inca (Berusia 15 tahun), Beku Selama 500 Tahun!



Isi Klaim :

Inilah foto Mumi gadis Inca berusia 15 Tahun yang membeku selama 500 Tahun, ditangani oleh sekelompok dokter.

Hoax atau Fakta :

Fakta.

Analisa :

Gambar yang ditampilkan dalam pesan seperti klaim di atas memang benar, dan ini fakta. Seorang gadis nyata (manusia) dipekirakan berusia 15 tahun yang mati dan membeku sekitar 500 tahun yang lalu, pada masa pemerintahan Kekaisaran Inca . Gadis ini adalah salah satu di antara 'tiga anak beku yang ditemukan di atas puncak gunung berapi di perbatasan Chili dengan ketinggian 22.000 Kaki, biasa disebut gunung 'Llullaillaco', pada tahun 1999.

Gadis beku berusia 15 tahun ini bernama 'La Doncella'. Foto yang beredar juga benar, bahwa 'gadis itu' sedang dipersiapkan oleh peneliti di 'Museum of High Altitude Archaeology' untuk ditampilkan kemudian ke masyarakat dunia.

Seorang desainer yang juga direktur museum, Gabriel E. Miremont berkata, "These are dead people, Indian people".

Riwayat Mumi :

Mumi gadis ini adalah sebagai sejarah keberadaban, dimana Anak-anak dikorbankan seperti ini sebagai bagian dari ritual keagamaan yang disebut 'Capacocha', di mana anak-anak yang baik dan sehat (termasuk anak perempuan) dipilih untuk dibekukan sampai mati.

Ditengah upacara, mereka disuruh untuk berjalan sejauh ratusan Mil ke Puncak gunung 'Llullaillaco', di mana mereka diberi makan dengan Chicha (bir terbuat dari jagung), ini digunakan untuk membius mereka secara perlahan. Lalu mereka ditempatkan di gorong bawah tanah, dimana nantinya mereka akan tertidur dan mati membeku. Karena suhu yang dingin otomatis akan mengawetkan tubuh mereka selama ratusan tahun. Inilah sebabnya mumi tersebut terlihat baik tanpa ada rusak berarti.

Dalam tradisi dan keyakinan yang mereka percayai, suku Inca melakukan pengorbanan anak dan menganggapnya sebagai suatu kehormatan jika anak mereka 'terpilih' untuk menjadi 'korban'.

Selain manusia, suku Inca juga mengikut sertakan beberapa benda milik mereka untuk dikubur bersama mereka, entah untuk apa.

Karena menurut mereka, anak-anak ini tidak mati, tetapi akan bergabung dengan nenek moyang mereka, yang kemudian akan mengawasi desa mereka dari puncak gunung seperti malaikat.

Luar biasa sekali pemikiran orang jaman dahulu. Tetapi inilah peradaban, kita sebagai manusia modern bisa bersyukur atas apa yang kita lalui dan yang kita peroleh saat ini.

Berita tentang mumi Inca di New York Times :

http://www.nytimes.com/2007/09/11/science/11mummu.html?_r=1

Situs Resmi Museum of High Altitude Archaeology (MAAM) :

http://www.maam.gob.ar/index1.php

Referensi Wikipedia mengenai Mumi ini :

https://en.wikipedia.org/wiki/Child_sacrifice_in_pre-Columbian_cultures

CMIIW and Typo.
Sikapi dengan bijak. Semoga bermanfaat, terimakasih.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mumi Gadis Inca (Berusia 15 tahun), Beku Selama 500 Tahun! Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/