728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Saturday 5 April 2014

HOMPIMPAH.TV!


Video 'The Escherian Stairwell' (Tangga Misterius)


Isi Klaim :

"The Escherian Stairwell - Mysterious Stariwell"




Hoax atau Fakta :
HOAX.

Analisis :

Para netter di seluruh dunia heran sekaligus takjub setelah menonton Video 'The Escherian Staiwell' ini. Jelas saja, karena video tersebut berisi tentang sebuah kejadian dimana ada sebuah Tangga yang tidak pernah berakhir ketika seseorang melaluinya, dalam video juga terlihat bahwa siapapun yang melewati tangga tersebut akan kembali lagi kepada posisi semula, maka diasumsikan sebagai Never-Ending Stairwell.

Simak Videonya di Youtube :

Diunggah pada 30 April 2013

http://www.youtube.com/watch?v=DiBY4HaAngaA (Video telah dihapus)


http://www.youtube.com/watch?v=vTHhG6wPYVY

Banyak sekali perdebatan dan teori-teori yang beredar seputar analisa video, namun sayangnya teori tersebut sangatlah jauh dari kenyataan dan fakta. Singkat saja, kami katakan Klaim-klaim kemisteriusan Tangga tersebut adalah Hoax.

Kok bisa? Sebentar, mari kita bersama-sama buktikan..

Video menunjukkan 'Escherian Stairwell', sebuah tangga normal yang dibangun dalam Gedung 7 dari Rochester Institute of Technology (Institut Teknologi Rochester atau disingkat RIT), New York.

Mengenai RIT, dapat anda simak disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Rochester_Institute_of_Technology

Meskipun video terlihat nyata, dan diklaim sebagai hasil dari keajaiban arsitektur datar, itu bukan fakta. Klaim dalam video menentang logika dasar dan juga hukum-hukum fisika.

Untuk mempersingkat analisa, Video fenomenal itu adalah sebuah proyek yang dibuat oleh Michael Lacanilao, seorang siswa Pascasarjana dari RIT. Film dan animasi ini adalah sebagai bagian dari Program tahunan institut tersebut, yaitu 'Imagine RIT' (sebuah festival inovasi dan kreativitas).

Buktikan di situs resmi RIT :

http://www.rit.edu/news/story.php?id=49980

Lalu Proyek ini mencoba untuk membangun sebuah mitos yang modern, bahkan ada 'kampanye-nya' di Kickstarter (sebuah platform untuk mendanai proyek-proyek kreatif), tetapi sayangnya video kreasi Michael ini tidak bisa mencapai tujuan yang diharapkan dan gagal untuk didanai (untuk saat ini). Dalam video 'kedua' di Kickstarter ini, Lacanilao menjelaskan tentang proyek kreatif membangun mitos modern 'The Escherian Stairwell'.

Silahkan simak Kampanye Stairwell Project di Kick Starter :

https://www.kickstarter.com/projects/1123493397/the-stairwell-project-building-a-modern-myth

https://www.kickstarter.com/projects/1123493397/the-stairwell-project-building-a-modern-myth/widget/video.html

Proyek (video) ini terinspirasi oleh MC Escher (itulah sebabnya dinamakan 'Escherian Stairwell'). MC Escher adalah seorang seniman grafis Belanda, dan dikenal sering melakukan imajinasi terhadap konstruksi, yang sangat mustahil dapat dilakukan secara matematis.

Mengenai MC Escher dapat anda simak disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/M._C._Escher

http://www.mcescher.com/

Ascending dan Descending adalah salah satu karya seni paling terkenal dari Escher, yang menggambarkan sebuah bangunan besar beratap dengan tangga yang tak pernah berakhir (Never-ending Stairwell).

Simak mengenai Ascending - Descending disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Ascending_and_Descending

Jadi, sekarang anda paham, bahwa The Escherian Stairwell hanya sebuah Video animasi. Video tersebut tidak lebih dari sebuah proyek imajiner kreatif yang dimaksudkan untuk menyajikan mitos modern sebagai bentuk seni. Yang dihasilkan dari hasil editing cerdas, menggunakan trik fokus kamera pada sudut tertentu untuk memberikan ilusi bahwa menaiki-atau-menuruni tangga akan terus mengulanginya. Ilusi ini dikembangkan berdasarkan persepsi dan perspektif saja. Dan para aktor di dalam video menurut kami berakting dengan karakter yang sungguh-sungguh luar biasa

Kami juga bingung, kenapa video ini mendapat perhatian serius dari para Netter. Menghubung-hubungkannya dengan hal supranatural, hingga keberadaan alien. Hahaha , setidaknya ada 10 pesan yang masuk ke Inbox admin setiap harinya untuk mempertanyakan fakta dari Video ini.

Bahkan si pembuat video sendiri kewalahan menanggapinya :
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-prn1/t1.0-9/q71/s720x720/1013124_208144829335895_630635782_n.jpg

Meski demikian, kreator film tidak bersalah atas rumor ini, dan video ini menurut kami adalah salah satu karya yang kreatif dari animator dan editor film.

Akun Youtube Michael Lacanilao :
http://www.youtube.com/user/hydrogliphix

Halaman Facebook Michael Lacanilao :
https://www.facebook.com/The.Films.of.Michael.Lacanilao

Tidak lupa kami juga berterimakasih pada Michael Lacanilao yang telah mengijinkan kami untuk mendapatkan berbagai informasi dan foto perihal video dalam artikel ini.



CMIIW and Typo
Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Referensi :
  • Dari berbagai sumber



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Video 'The Escherian Stairwell' (Tangga Misterius) Description: Video The Escherian Stairwell, Tangga Misterius Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/