728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Monday 21 April 2014

HOMPIMPAH.TV!


Patung Indah Buddha di Biara Ngyen Khag Taktsang!


Isi Klaim :
Wow! Foto Patung Buddha yang tampak sangat indah ini asli foto dari Biara Ngyen Khag Taktsang dari negara Tiongkok.

Hoax atau Fakta :
Hoax, dengan tambahan informasi.

Analisa :

Gambar menunjukkan patung indah Sang Buddha (yang diduga diukir) pada ketinggian gunung yang luar biasa nyata dari patung Buddha di Ngyen Khag Taktsang Monastery. Tetapi kenyataannya adalah bahwa itu bukan gambar asli. Gambar aslinya hanyalah sebuah pilar batu di Zhangjiajie National Forest Park yang terletak di Wulingyuan Scenic Area di Provinsi Hunan, Tiongkok. Taman hutan memiliki sekitar Tiga ribu pilar batu seperti ini dengan ketinggian bervariasi.

Beberapa pilar mencapai lebih dari 800 meter, yang berada di tengah-tengah hutan lebat, lembah subur, danau, gua-gua, air terjun dan sungai, semua tersebar di area dengan luas sekitar 690 kilometer persegi. Oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Geopark global.

Jelas, tidak ada ukiran Buddha seperti itu di sana, itu hanya ciptaan photoshop, tapi bagus memang. Cerita ini tipuan dan tidak perlu dibagi.

Ini gambar original yang diambil langsung oleh agen perjalanan :

http://www.china-family-adventure.com/image-files/stone-forest-china-avatar-mountain.jpg

Setelah kami telusuri beberapa waktu, kami telah menemukan Si Empu (kreator) pembuat foto ini. Ia adalah Archistophanes, yang sengaja mengedit dan memanipulasi gambar (foto) dalam photoshop, tetapi hanya untuk karya seni saja, bukan untuk tujuan menipu atau pun hoax.

Archistophanes juga mengarsipkan setiap gambarnya di situs, Anda bisa melihat karyanya disini :

http://graffitilab.tumblr.com/post/20465814152/buddha-at-ngyen-khag-taktsang-monastery

http://realitycues.com/projects/grafitti-lab/

Awalnya Ia hanya mencari gambar-gambar apa saja yang sedang populer saat ini, lalu dirubahnya menjadi Indah atau tampak kontroversial.

"I started to play with search entries: what was popular on Tumblr, or what images come up first on a Google image search. Monumental architecture or sculptures are also hugely popular so I glued two together."

"What interests me is how often someone can see an image and not realize that some change has transpired," Archistophanes said. "At some point the original has been swapped out and a new 'improved' version is in its place."

Jadi, sudah bisa dipastikan, bahwa orang-orang sengaja memanfaatkan karya dari Archistophanes dan mulai membuat kisah hoax di dalamnya.

Untuk kali ini Archistophanes tidak bersalah, karena Ia tidak mempunyai niat untuk membuatnya menjadi kisah hoax. Seperti halnya Worth1000.com, disana tempat kumpulnya karya-karya master editor gambar, tetapi ada saja orang jahil yang memanfaatkan gambarnya untuk tujuan propaganda ataupun sekedar gurauan belaka.

Akun Twitter Archistophanes :

https://twitter.com/Archistophanes

Simak mengenai Zhangjiajie Stone Forest di bawah.


Referensi :
  • http://www.china-family-adventure.com/stone-forest-china.html
  • -


CMIIW
Semoga bermanfaat. Terimakasih.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Patung Indah Buddha di Biara Ngyen Khag Taktsang! Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/