728x90 AdSpace

Artikel Baru

    • Video Aksi Wanita Berhijab Beladiri Lumpuhkan Dua Jambret Di Sebuah Lift!

      Isi Klaim : "Video seru aksi wanita muslimah beladiri dengan tangan kosong Video Aksi Beladiri Muslimah sedang menghadapi 2 orang penjahat. Seperti terlihat di dalam video tersebut, seorang muslimah sedang memasuki lift kemudian 2 orang penjahat mencoba mengambil tas wanita muslimah tersebut. Kemudian wanita muslimah melawan 2 penjahat tersebut dengan tangan kosong hingga penjahat tersebut tersungkur di bawah lantai." "Bela Diri Seorang Wanita Saat Dijambret Di Lift Beladiri saat dikeroyok preman." Hoax atau Fakta : Hoax, deskripsi tidak lengkap. Cuplikan video ini hanya bagian dari viral marketing sebuah film layar lebar. Analisis : 22 September 2015, laman Facebook 'Belajar Islam' mengungah video dengan deskripsi "Aksi bela diri seorang muslimah di dalam lift." Dengan tidak ada kejelasan dari pihak 'Belajar Islam' sebagai pengunggah video, sehingga banyak netizen yang memperdebatkan keaslian video tersebut, dan tidak sedikit yang yakin bahwa video tersebut nyata. https://www.facebook.com/belajar.islam.di.fb/videos/10153729784012160/ Dari penelusuran kami di berbagai situs berbagi video juga menemui hal serupa, banyak diatara pengguna internet yang bertanya dengan nada serupa "apakah video ini nyata?", pertanyaan tersebut muncul seiring dengan beredarnya sebuah video sama persis, yang tampak seorang wanita muslimah ahli beladiri dan sanggup melawan 2 (dua) orang jambret di sebuah lift. Sebagai contoh, kami tampilkan salah satu video yang diunggah ke YouTube berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=5K1-5qmo8Xg https://www.youtube.com/watch?v=m4WFOnFVQME Meskipun peristiwa kejahatan semacam jambret banyak terjadi di seluruh kota di Indonesia dan ada beberapa yang berhasil terekam CCTV, tetapi tidak terlalu sulit bagi kami untuk menentukan apakah video ini benar pernah terjadi atau hanya ulah sineas saja. Dalam menelusuri kebenaran sebuah video, perlu diperhitungkan beberapa hal berikut : 1. Penanggungjawab pengunggah video. Jika tidak ada, maka penelusuran akan bertambah sulit. 2. Latar belakang dalam adegan. Lihat seksama seluruh bagian video, apakah latar belakangnya merupakan sekolah, taman, atau tempat yang umum. Perhatikan juga benda-benda di sekitarnya. 3. Putar ulang dan perlambat video, Anda akan menemui berbagai adegan maupun gerakan yang tidak lazim jika video tersebut adalah sebuah rekayasa adegan (skenario). 4. Coba lakukan screenshot pada beberapa adegan, lalu peroleh keterangan dari hasil pencarian gambar di situs web mesin pencari gambar. Nah, dari 4 tahapan tersebut, kami menemukan bahwa cuplikan video yang dimaksud, hanyalah sebuah cara atau pola lawas dalam viral marketing. Kami menemukan latar belakang yang sangat tidak biasa, yaitu sebuah poster. Sejenak kami mencari poster apakah itu, dan voila poster tersebut adalah sebuah poster film layar lebar yang sangat berhubungan dengan maksud video, yaitu Aksi Beladiri. Film yang dimaksud adalah "3 (Tiga)" atau biasa dikenal "Alif Lam Mim" Movie. Tidak hanya sampai sana, di YouTube cuplikan video ini ternyata diunggah sejak September 2015 dan hebatnya film "3 (Tiga)" dirilis di seluruh bioskop pada bulan yang sama. Selain kecocokan temuan kami ini, masih banyak teori lain yang lebih masuk akal, semisal beberapa adegan dalam video tidak terlihat riil (pukulan seakan menunggu dan banyak sekali adegan yang seharusnya dibuang). Apa itu Film 3 (Tiga) ? Film “3” adalah sebuah film laga futuristik pertama di Indonesia yang menceritakan tentang persahabatan, persaudaraan dan drama keluarga Sinopsis Film : Jakarta pada tahun 2036, begitu banyak terjadi perubahan. Negara sudah kembali damai dan sejahtera sejak perang saudara dan pembantaian kaum radikal berakhir di Revolusi tahun 2026. Hak asasi manusia menjadi segalanya. Penggunaan peluru tajam sebagai senjata sudah menjadi ilegal. Aparat menggunakan peluru karet untuk menangkap penjahat dan teroris yang masih tersisa. Satu dilema yang sangat menyulitkan bagi aparat mengingat beberapa kelompok radikal kembali bangkit dan berjuang untuk menganti wajah demokrasi sehingga aparat mengandalkan kemampuan bela diri yang tinggi untuk menumpas para penjahat. Alif, Lam dan Mim adalah tiga sahabat dari satu perguruan silat yang dibesarkan bersama di padepokan Al-Ikhlas. Alif yang lurus dan keras dalam bersikap memilih menjadi aparat negara. Ia bertekad membasmi semua bentuk kejahatan dan mencari para pembunuh kedua orangtuanya. Lam yang sikapnya lebih tenang menjadi seorang jurnalis. Bertujuan untuk menyebarkan kebenaran dan menjadikan dirinya mata dari rakyat. Sementara Mim yang bijak memilih mengabdi menjadi pengajar dan menetap di padepokan. Ketiganya dipertemukan kembali setelah terjadi kekacauan pasca ledakan bom di sebuah cafe. Bukti-bukti dan investigasi mengarah pada keterlibatan Mim beserta anak-anak padepokan. Alif harus menghadapi sahabatnya sendiri dan menghancurkan padepokan yang telah membesarkannya. Lam yang terjepit diantara kedua sahabat berusaha mencari titik temu demi menghindari kehancuran yang lebih parah. Mim memilih mengahadapi para aparat dan rela mengorbankan jiwanya tanpa kompromi. Alif, Lam dan Mim dipaksa bertempur satu sama lain dalam mempertahankan dan memperjuangkan kebenarannya masing-masing, seraya harus terus menjaga keluarga dan orang-orang yang mereka hormati dan cintai. Silahkan lihat versi trailernya via YouTube di tautan berikut : https://www.youtube.com/watch?v=v-RlfhYi4xI Durasi Full Movie, Film 3 yang ditayangkan kembali oleh NET TV dan diunggah ke YouTube : https://youtu.be/VP9PxnEsivA Demikian yang dapat kami sampaikan pada analisis kali ini. Tidak ada motivasi untuk melecehkan atau hal lain di luar cakupan kami untuk membantu pengguna internet khususnya di Indonesia dalam hal klarifikasi terhadap rumor yang beredar di masyarakat. Sampai saat ini, Indonesian Hoaxes Community adalah komunitas pertama yang menganalisis rumor dari cuplikan video ini, semoga kedepannya para pekerja Viral Marketing dapat ide yang lebih cerdas. CMIIW and Typo. Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat. Salam Internet Sehat! #Film #Hijab #Beladiri #Lift #StopHoax #AntiPropaganda Referensi : - - - - Dari berbagai sumber

Powered by Blogger.
Tuesday, 28 July 2015

HOMPIMPAH.TV!


[This Man] Ribuan Orang Telah Bermimpi Wajah Pria Ini!


Isi Klaim :

"PERNAKAH KALIAN MEMIMPIKAN ORANG INI?
Setiap malam di seluruh dunia, ribuan orang memimpikan wajah ini."

"Pada Januari 2006 di new York, seorang pasien wanita dari seorang psikiater ternama menggambar sesosok wajah seorang pria yang disebutnya berulangkali muncul dalam mimpinya. Dalam beberapa pertemuan itu, pria tersebut memberikan beberapa nasihat mengenai kehidupan pribadi wanita itu. Wanita itu bersumpah kalau ia belum pernah bertemu dengan pria itu seumur hidupnya."

Gambar wajah itu terlupakan di meja psikiater itu untuk beberapa hari hingga suatu hari pasien lain mengenali wajah itu dan berkata kalau pria tersebut juga sering menjumpainya di dalam mimpi. Ia juga mengklaim kalau ia belum pernah melihat pria itu sebelumnya.

Psikiater itu kemudian memutuskan untuk mengirim foto wajah itu ke beberapa koleganya yang memiliki pasien yang bermasalah dengan mimpi. Dalam tempo beberapa bulan, empat pasien mereka mengenali pria tersebut karena sering muncul di dalam mimpi mereka. Semua pasien tersebut menyebut pria itu This Man.

Sejak Januari 2006 sampai hari ini, setidaknya 2.000 orang telah menyatakan bahwa mereka telah melihat orang ini dalam mimpi mereka, di banyak kota di seluruh dunia: Los Angeles, Berlin, Sao Paulo, Tehran, Beijing, Roma, Barcelona, Stockholm, Paris, New Dehli, Moskow dll

Saat ini tidak ada hubungan pasti atau sifat umum di antara orang-orang yang telah bermimpi melihat orang ini. Selain itu, tidak ada seorang pun yang pernah hidup dan diakui sebagai orang yang menyerupai manusia dalam potret, oleh orang-orang yang telah melihat orang ini dalam mimpi mereka."




Hoax atau Fakta :
HOAX, Pola Viral Marketing.

Analisis :

'Ever dream this man?' Kalimat ini adalah sebuah kalimat yang muncul pertama-kali dalam situs ThisMan.org sejak 25 Januari 2008, yang disertai dengan sebuah sketsa wajah pria separuh baya. Disebutkan juga bahwa pria itu kerap muncul di dalam mimpi banyak orang di seluruh dunia, sedangkan identitasnya sendiri tidak atau belum diketahui. Diklaim sejak Januari 2006 hingga hari ini, setidaknya sudah 2.000 (dua ribu) orang mengaku pernah menjumpai pria ini di dalam mimpinya, mulai dari Los Angeles, Sao Paolo, Barcelona, hingga New Delhi.


http://www.thisman.org/

http://www.thisman.org/history.htm

Pada hari Selasa 13 Oktober 2009, sebuah Blog 'Presurfer' merilis ulang artikel dari situs ThisMan.org, yang kemudian keesokan harinya (14 Oktober 2009) diikuti lagi oleh situs Netorama. Sejak saat itulah berita pun menyebar di internet dengan dirilis ulang oleh situs-situs lainnya hingga ke media sosial. Dalam tempo yang singkat, wajah pria tersebut telah menyebar ke seluruh dunia.

http://presurfer.blogspot.com/2009/10/ever-dream-this-man.html

http://www.neatorama.com/2009/10/14/ever-dream-this-man/


https://www.youtube.com/watch?v=OUkqr3glkMg


https://www.youtube.com/watch?v=TLkOJs3v_JQ

Kisah seperti ThisMan ini adalah misteri yang berbeda dari misteri lainnya. Ada sesuatu pada wajah tersebut yang membuat siapa saja yang melihatnya berimajinasi.

Namun, faktanya ini hanyalah bagian dari Pola Viral Marketing. Seorang Sosiolog yang juga sekaligus marketer Pria dari Italia bernama 'Andrea Natella' adalah kreator dari viral ini. Natella juga memiliki sebuah situs yang disebut 'Guerriglia Marketing' (yang berarti marketing gerilya).

Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan fakta dari misteri ini, dalam penelusuran kami, domain situs dari ThisMan.org didaftarkan oleh Andrea Natella. Tertera dengan jelas alamat email Andrea disana.


Dari namanya (Guerriglia Marketing), siapa saja mengetahui kalau situs ini menyediakan Jasa Marketing. Namun, jasa yang ditawarkan Natella termasuk unik, karena ia mencari cara yang tidak konvensional untuk berkomunikasi dengan konsumen (target). Salah-satunya adalah dengan menciptakan kisah 'This Man' ini. Ia tidak main-main dengan metodenya ini, seperti yang terlihat, mereka menempelkan selebaran dengan judul 'Ja Sonhou Com Este Homem?' yang berarti 'Sudah memimpikan orang ini?' di pusat keramaian.


Jika dicermati pada halaman depan (frontpage) situsnya, konsep marketing andalan mereka adalah 'Pseudo Events', atau dengan kata-lain 'Peristiwa Semu' (rekayasa) :

"Guerriglia Marketing concorre allo sviluppo delle strategie di mercato attraverso la messa in scena di pseudo-eventi concepiti in integrazione all'immagine dell'azienda."

http://www.guerrigliamarketing.it/

Selain ini, Natella dan tim marketingnya pernah menciptakan rumor populer di beberapa surat kabar pada tahun 2001 mengenai UFO di Emilia Romagna, Italia. Hal tersebut guna memajukan industri pariwisata di kota itu.


http://www.guerrigliamarketing.it/intelligence/riccione_press.htm

Dalam sebuah wawancara dengan Digicult.it, Natella mengatakan bahwa ia menciptakan sebuah rumor yang tidak lazim dan ternyata kebanyakan media massa menelannya mentah-mentah :

"We enjoy ourselves more when we play with what is false, we invent unlikely stories and the mass media bites."

http://www.digicult.it/digimag/issue-014/viral-communication-hotbed/

Menurut sumber berita dari Vice.com, fenomena memimpikan orang tersebut adalah hoax dan merupakan salah satu tindakan seorang dari perusahaan marketing yang memang bergerak di bidang 'Subversive Hoax". Menurut Vice, kalaupun rasanya seperti pernah memimpikan, itu hanya sensasi mimpi yang umum dirasakan seseorang.

Meski demikian, menurut Erika Fromm dan Ronald E. Shor, tentang Hypnosis dalam Perkembangan Riset dan Perspektif, penelitian hipnotisme pertama menunjukkan kembali pada tahun 1960 bahwa adalah 'mungkin untuk menginduksi trans dalam subjek dan kemudian menggunakan sugesti hipnotis untuk mempengaruhi isi mimpi orang lain'. Tetapi kita belum tahu apakah hal itu memungkinkan jika dilakukan dalam skal besar, misal dalam postingan sebuah situs blog atau surat kabar.

http://books.google.com/books?id=1dR6rGvVCOIC&dq=can+hypnosis+influence+dream&source=gbs_navlinks_s

http://books.google.com/books?id=sy25XKdrD5kC&pg=PA183&dq=dreams+suggestibility&hl=en&ei=4dmyS6avE8L38AaLu5zHAQ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=5&ved=0CEgQ6AEwBA#v=onepage&q=&f=false

Ada satu hal yang menarik, kontroversi siapa sebenarnya sketsa figur pria dalam gambar tersebut, beberapa orang mempercayai bahwa itu adalah Andrew Lloyd Webber, seorang komposer asal Inggris.


https://en.wikipedia.org/wiki/Andrew_Lloyd_Webber

Ternyata, kita mungkin tidak perlu teori khusus untuk menjelaskan klaim dari situs ThisMan.org. Karena, situs ini ternyata dibuat oleh Andrea Natella, ahli strategi pemasaran dan biro iklan yang menjalankan perusahaan Guerilla Marketing, yang merancang hoax subversif dan menciptakan proyek-proyek seni aneh menjelajahi pornografi, politik, dan iklan untuk menghidupkan kepentingan umum.

Info terbaru : Setelah sekian lama, akhirnya situs ini diakuisisi oleh sebuah perusahaan yang telah memproduksi puluhan film horor populer, yaitu 'Ghost House Pictures', untuk digunakan sebagai bagian dari promosi untuk film berjudul 'THIS MAN', yang ditulis dan disutradarai oleh pembuat film terkenal asal Amerika, Bryan Bertino.

http://www.comingsoon.net/movies/news/65773-ever-dream-this-man

http://collider.com/bryan-bertino-this-man-sam-raimi-ghost-house-pictures/

http://www.moviesonline.ca/movienews_17994.html

http://www.ghosthousepictures.com/

CMIIW and Typo.
Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!



Referensi :
  • http://www.vice.com/en_uk/read/we-got-hoaxed-about-that-this-man-dream-haunter-979
  • http://www.thisman.org/portraits/thismancomp.jpg
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Andrew_Lloyd_Webber
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Andrew_Lloyd_Webber
  • http://www.andrewlloydwebber.com/
  • http://www.guerrigliamarketing.it/
  • http://www.creativeguerrillamarketing.com/what-is-guerrilla-marketing/
  • http://www.gmarketing.com/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Guerrilla_marketing
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Robert_Tapert
  • http://robtapert.com/
  • http://collider.com/bryan-bertino-this-man-sam-raimi-ghost-house-pictures/
  • Dari berbagai sumber



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: [This Man] Ribuan Orang Telah Bermimpi Wajah Pria Ini! Description: [This Man] Ribuan Orang Telah Bermimpi Wajah Pria Ini! Rating: 5 Reviewed By: Unknown
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/