728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Wednesday 21 January 2015

HOMPIMPAH.TV!


Seorang Pria Terekam CCTV Tersambar Petir Dua Kali Masih Hidup


Isi Klaim :

"Man Survives Being Hit by Lightning Twice in Remarkable CCTV Footage."

"How unlucky can you get! Man survives being hit by lightning Twice in remarkable CCTV footage and walks away..."

"Incredible. Man struck by Lightning 'Twice' and walks away..!"

"A Miracle! Jogger Hit Twice by lightning and still Walks Away!"

"Raw footage: Chinese Man Struck by Lightning Twice in a Row Survives."

*Dan berbagai versi lainnya.


Link Video : http://youtu.be/mjI8AxZnrx8, https://youtu.be/K38vW79lHj0


Hoax atau Fakta :
Dipastikan HOAX, hanya hasil olah digital.

Analisis :

Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kondensator raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Asal-usul rumor :


Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=4QfNwhw_MZc

Video yang ditampilkan di atas, beredar sejak 2011, tampaknya rekaman kamera keamanan (CCTV) merekam selama badai di mana pejalan kaki yang terkena sambaran petir, pria itu lalu tergeletak di tanah bingung atau tidak sadar selama sekitar satu menit, bangkit dan terus berjalan (sementara menggosok yang kepalanya mungkin sakit), yang segera disambar (lagi) untuk kedua-kalinya (yang juga masih bertahan hidup), dan satu setengah menit kemudian ia bangkit dan melanjutkan perjalanan sehingga di luar jangkauan kamera.

Meskipun sifat luar biasa dari peristiwa seharusnya digambarkan dalam video, dan fakta bahwa itu semua didokumentasikan pada kamera (termasuk tanggal yang tepat dan lokasi) dalam sebuah video yang telah beredar luas ini, namun tidak ada sumber berita yang pernah dilaporkan pada kejadian atau diidentifikasi keadaan di mana hal itu terjadi.

Ketika kami memperlambat video dan membaginya dalam beberapa frame dalam format gambar (jpeg), terlihat disana bahwa sambaran petir pertama dan kedua, posisi sekitarnya serupa.

Kesamaan letak yang menjadi ciri-khas kejanggalan video
Tidak hanya itu, secara logika, kilatan cahaya besar sepertihalnya Petir harusnya menjadi besar dan berkilauan ketika direkam oleh kamera, dan hal itu menyebabkan kamera menjadi sedikit blur atau terlalu putih. Tetapi di video ini tidak demikian.

Seorang ahli dalam editing video menyatakan :

"Each lightning flash appears only in a single frame of the video, without whiting out (or otherwise saturating) the camera image and without illuminating or reflecting from other objects in the scene, suggestive of images of electrical discharges being overlaid onto ordinary video of a man walking."

video berikut adalah teori logis dan dekonstruksi teknis dari video :


Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=_MVO6vNA_hg

NB : Catatan medis atau jurnal mengenai manusia tersambar petir memang pernah ada, nanti kami perbaharui pada artikel ini.

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • http://ec.gc.ca/foudre-lightning/default.asp?lang=En&n=D401EB9A-1
  • http://www.lightningsafety.noaa.gov/struck.htm
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Petir
  • Dari berbagai sumber



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Seorang Pria Terekam CCTV Tersambar Petir Dua Kali Masih Hidup Description: Seorang Pria Terekam CCTV Tersambar Petir Dua Kali Masih Hidup Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/