728x90 AdSpace

Artikel Baru

Powered by Blogger.
Monday 21 April 2014

HOMPIMPAH.TV!


Penumpang MH370 Kirim Pesan Ditahan di Diego Garcia Oleh Militer


Isi Klaim :
Setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan Malaysia Airlines MH370 dipastikan terbang ke Samudera Hindia, muncul spekulasi baru pesawat tersebut menuju ke salah satu pulau terpencil di tengah Samudera Hindia, Pulau Diego Garcia. Dikatakan bahwa seorang penumpang dari Malaysia Airlines Flight 370 menyembunyikan ponselnya di dubur dan menggunakannya untuk mengirim gambar ke Internet (setelah penerbangan dibajak dan penumpangnya dipenjara disebuah tempat di Diego Garcia).


Gambar ini, yang tampak hitam telah diposting ke Internet, dibidik dari dalam sel gelap oleh seorang insinyur IBM.

Gambar berwarna hitam karena sel terlalu gelap, tapi bagian yang penting dari informasinya tertanam dalam data Exif, koordinat ke Diego Garcia, di mana gambar itu diambil.

Dan itu nyata, hal ini bukan tipuan. Koordinat dalam gambar menunjukkan bahwa foto tersebut, diambil benar-benar dari Diego Garcia.

Gambar yang diposting dengan teks berikut:

"I have been held hostage by unknown military personal after my flight was hijacked (blindfolded). I work for IBM and I have managed to hide my cellphone in my ass during the hijack. I have been separated from the rest of the passengers and I am in a cell. My name is Philip Wood. I think I have been drugged as well and cannot think clearly."

Hoax atau Fakta :
HOAX.

Analisa :

Malaysia Airlines Flight 370 menghilang di atas laut selatan Tiongkok pada 8 Maret 2014 bersama 239 orang (227 penumpang dan 12 awak) di dalam pesawat.

Klaim seperti di atas adalah salah satu posting dari beberapa teori konspirasi yang telah muncul dalam beberapa minggu sejak pesawat dikabarkan menghilang dan dilakukan pencarian. Berbagai teori dan spekulasi mulai beredar di masyarakat. Ada yang mengatakan di culik Alien, menabrak Gunung, menembus dimensi lain, hingga dibajak atau dialihkan ke pangkalan militer AS yang sangat rahasia-yang terletak di atol Diego Garcia di Samudera Hindia.

Spekulasi ini sah-sah saja, namun perlu diperhatikan bahwa kelurga korban tidak seluruhnya berkenan dengan adanya teori-teori seperti ini. Karena, bagi mereka kepastian adalah yang terbaik.

Contohnya seperti ini :

http://internasional.kompas.com/read/2014/03/19/0737096/Sepuluh.Teori.Hilangnya.Pesawat.Malaysia.Airlines

http://luar-negeri.kompasiana.com/2014/03/25/teori-konspirasi-baru-di-balik-kecelakaan-mh-370--641612.html

http://hankam.kompasiana.com/2014/03/20/teori-konspirasi-di-balik-hilang-ditemukannya-mh370-640795.html

dan masih banyak lagi..

Spekulasi mengenai teori konspirasi ini berawal dari situs Whatdoesitmean.com, salah satu situs yang terkenal kerap membuat asumsi-asumsi dan klaim fiksi dari permasalahan politik.

Sehubungan dengan Artikel kali ini mengenai Penumpang bernama Philip Wood, maka kami menelusurinya. Versi teori konspirasi kali ini berpendapat bahwa seorang karyawan IBM, Philip Wood, satu-satunya penumpang Amerika pada Flight 370. Tidak masuk akal teori seperti ini, dikatakan Philip Wood berhasil menyembunyikan ponsel di duburnya, kisah pembajakan pesawat, kisah pembiusan, kisah penjara di lokasi militer rahasia, kemudian menyatakan mengambil sebuah foto dan mendokumentasikannya, lalu mengunggahnya ke situs antah berantah bernama 4Lebs.

Simak disini :

http://archive.4plebs.org/pol/thread/27834494/

Foto yang ditampilkan hanya warna hitam pekat (diduga karena diambil di dalam sel gelap), dan bersikeras bahwa data foto (exif) menunjukkan foto diambil pada tanggal 18 Maret 2014 di wilayah Diego Garcia. Padahal sejumlah ahli gambar dan fotografi banyak mengatakan bahwa data exif bisa dimanipulasi menggunakan software khusus.

Salah satu situs utama menyebarkan teori konspirasi ini, Jim Stone (jurnalis freelance), mengakui bahwa foto itu berasal dari 4chan, sebuah situs dari 'sarangnya' hoax diabadikan oleh pengunjung anonimnya (bebas tanpa mendaftar). Semua orang bebas berkomentar apa saja di 4chan, tanpa harus diyakini Anda benar atau Tidak.

Situs Jim Stone :

http://jimstonefreelance.com/phillipwood.html

4Labs (4Chan) dalam artikel New York Times :
http://www.nytimes.com/2008/08/03/magazine/03trolls-t.html?_r=0

Kesimpulan :

Ini hanya Hoax saja, seseorang telah membuat lelucon yang dapat membuat orang benar-benar meyakininya. Mendokumentasikan sebuah foto gelap, lalu mengunggahnya ke situs 4chan dengan kategori Politically Incorrect (/pol/), hanya itu saja.

Selain itu beberapa pihak juga sudah membantah mengenai teori konspirasi dari klaim ini.

Simak disini bantahan Amerika Serikat :

http://dunia.news.viva.co.id/news/read/496034-as-bantah-mh370-mendarat-di-diego-garcia

Terlebih seperti yang kami katakan sebelumnya, situs 4chan adalah situs bebas berekspresi, siapapun dapat berkomentar disana.

Cara Mengganti Data Exif :
  • http://gigaglobal.blogspot.com/2012/03/tentang-modifikasi-data-exif-meta-data.html
  • http://inifotoku.com/article/328
  • http://www.bpdassolo.net/index.php/geotagging-foto-anda
  • http://www.jakartaphotoclub.com/forum/topic-6465.php

Referensi :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Diego_Garcia
  • http://dunia.news.viva.co.id/news/read/496034-as-bantah-mh370-mendarat-di-diego-garcia
  • -

Diperbaharui :
23 April 2014, 15:42 WIB

Semoga bermanfaat, terimakasih.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 comments:

Unknown said... Tuesday 22 April 2014 at 19:10:00 GMT+7

Saya ingin bertanya, bisa anda jelaskan bagaimana caranya dia(orang yang iseng) Berhasil memanipulasi koordinatnya sehingga sesuai dengan koordinat Diego Garcia?

Unknown said... Wednesday 23 April 2014 at 15:41:00 GMT+7

Terimakasih, sudah kami tambahkan pada referensi cara editing data exif, silahkan dicermati.

Item Reviewed: Penumpang MH370 Kirim Pesan Ditahan di Diego Garcia Oleh Militer Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top
/*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/ /*javascript Widget Pop Up Card untuk maintenance by Jackson Leonardy*/